Mengabarkan kepada Anda angka-angka yang menjadi berita dan fenomena.

7 Daftar Negara Tujuan TKI

Negara kita belum mampu untuk memberikan ladang pekerjaan untuk rakyatnya yang hampir 250 juta jiwa ini. Manusia yang segitu banyaknya hanya beberapa persen saja yang terserap bekerja, baik itu pekerja swasta maupun pegawai negeri.

Yang berusaha sendiri maupun wiraswasta pun masih kecil dibandingkan yang bekerja ikut bos nya. Jadi, sisanya hanya menganggur dan bekerja juga tapi tidak di Indonesia, melainkan di luar negeri alias TKI.

Yups, TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Pahlawan Devisa Indonesia, yang paling banyak memberikan “dolar” bagi negaranya maupun berita tentang penyiksaan dan pelecehan mereka!.

Terlepas dari itu semua, saya tidak akan membahas masalah yang ada pada TKI kita sekarang ini. Saya akan membahas negara tujuan favorit para pencari kerja ke luar negeri.

7 negara yang menjadi incaran para TKI untuk meraup uang dan dikirimkan ke keluarga mereka di Indonesia,

1. Malaysia
Negara ini memang dekat sekali dengan Indonesia. Memiliki budaya yang hampir sama, dan tidak perlu lagi kursus bahasa karena memang masih menggunakan bahasa yang serumpun, yaitu melayu. Sektor pekerjaan pun hampir sama dengan yang ada di Indonesia, meliputi, pertanian, perkebunan, sektor industri Tekstil maupun Pembantu rumah tangga. Jadi tidak heran kalau malaysia menjadi favorit nomor satu tujuan TKI, walaupun gajinya agak lebih dikit dari standar indonesia.

2. Hongkong
Hongkong merupakan Wilayah terspesial di Negara China. Sejak dilepaskan oleh inggris, Hongkong banyak mewarisi budaya eropa yang setiap rumah membutuhkan Pembantu. Karena orang china jarang mau jadi pembantu, maka mereka banyak merekrut PRT dari luar yaitu Indonesia. Kehidupan pembantu di Hongkong cukup mapan saya lihat. Beberapa kali saya temui, banyak diantara mereka telah memiliki barang elektronik mewah yang diperlihatkannya sewaktu saya chating dengan mereka.

3. Taiwan
Kurang lebih sama seperti hongkong, mereka yang bertujuan kesana hampir sama, dengan jaminan meraup uang yang banyak mereka berlomba-lomba untuk berangkat ke sana.

4. Arab Saudi
Warisan perbudakan zaman jahiliyah dahulu menjadikan masyarakat Arab manja, mereka terbiasa mempunyai pesuruh. Namun masyarakat mereka kurang mau untuk dijadikan pesuruh. Alternatifnya, didatangkanlah mereka yang mau, mereka yang mau ini kebanyakan berasal dari Indonesia. Gaji besar dan dekat dengan Mekkah membuat mereka ingin bekerja disana.

5. Jepang
Jepang baru 2 tahun inilah mempunyai TKI, itu pun bukan Dari sektor industri tapi dari sektor kesehatan. Pemerintah Jepang menghubungi Indonesia untuk memenuhi tenaga perawat mereka yang minim. Spesifikasi yang dibutuhkan kurang tahu, tapi katanya butuh ribuan orang pertahun. Pekerjaan perawat ini banyak dibutuhkan untuk merawat orang tua dan manula. Selebihnya untuk rumah sakit. Gaji yang besar dan fasilitas yang Wah, membuat para TKI mengincarnya. Tapi harus belajar bahasa jepang dulu yah.

6. Korea Selatan
Setiap tahun korea membutuhkan Tenaga kerja untuk sektor industri mereka. Berbeda dengan Jepang yang sektor industrinya hanya untuk anak magang asal indonesia. Korea memang benar-benar membutuhkan pekerja yang siap di lapangan. Permintaan mereka ke pemerintah Indonesia pun bisa mencapai ribuan orang pertahun. Tapi, kuota-nya kurang mencukupi karena pada waktu testingnya pelamar kurang menguasai bahasa korea.

7. Brunai
Negara kecil yang kaya minyak ini cukup dekat dengan Indonesia. Budaya dan bahasanya pun hampir sama. Fasilitas gaji besar dan kehidupan yang mapan membuat TKI berlomba-lomba menghubungi PJTKI untuk minta diberangkatkan ke Brunei.

Saya kira itu saja hasil pengamatan amatir yang telah dilakukan. Terlebih anda mau jadi TKI atau tidak itu terserah anda, yang penting pandangan pertama harus menggoda, apa coba!

 

Sumber : http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2010/11/26/7-daftar-negara-tujuan-tki/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: