Mengabarkan kepada Anda angka-angka yang menjadi berita dan fenomena.

Kita bangga dengan musik Indonesia yang sudah menjadi tuan di negeri sendiri. Berbagai macam aliran musik membaur dan diterima dengan baik, pergelaran musik seperti konser hingga festival tak sepi pengunjung.

Di era 80-an, pencipta lagu datang silih berganti dan bertahan. Di era itu kita akan tahu Fariz RM, Dian Pramana Putra hingga Deddy Dhukun. Dilanjutkan era 90-an, kita akan mengenal Deddy Dores, Wahyu WHL, Fazal Dath hingga pencipta lagu anak-anak Papa T. Bob.

Di era Milennium ini, banyak pencipta lagu yang bermunculan juga! Selain pencipta lagu tunggal, pencipta lagu yang berasal dari anggota band juga kerapkali menghiasi di berbagai macam lagu untuk bandnya dan juga untuk penyanyi solo.

Nah, dari sekian banyak pencipta lagu tersebut. Banyak yang produktif dan tentu saja kreatif dan masih eksis. Siapa saja mereka, inilah Top 5…..

1. Yovie Widianto

Rasanya Yovie tak jemu-jemu dalam mencipta lagu. Puluhan penyanyi telah menggunakan lagunya dan tentu saja menjadi hits. Penyanyi seperti Rossa, Alm. Crisye, Krisdayanti, Dea Mirella, dan Rio Febrian telah menggunakan lagunya. Selain untuk penyanyi solo Yovie juga menciptakan lagu untuk banda Kahitna dan Yovie and Nuno. Lagu-lagu seperti Menjaga Hati, Cantik, Sampai Nanti, Dirimu Dirinya merajai chart-chart di tangga lagu Indonesia.

Lagu Yovie yang memiliki ciri khas piano dan lirik yang puitis memang tak membosankan. Selain itu Yovie juga mengikuti perkembangan jaman sekarang. Sehingga tak pelak rasanya Yovie eksis hingga saat ini

2. Melly Goeslaw

Siapa yang tak kenal wanita ini, selain mencipta lagu ia juga menyanyikan lagu-lagunya. Sudah puluhan penyanyi yang menggunakan lagunya dan besar karena lagu yang ia ciptakan. Krisdayanti dan Rossa adalah penyanyi yang besar karenanya.

Lagu-lagu Melly memiliki karakter yang kuat dan berciri khas. Lagu-lagu seperti Menghitung Harti, Tegar, Yang Kumau, Tiga Cinta memiliki ciri khas yang sama. Selain nyaman di mellow pop, Melly juga jago mencipta lagu-lagu bertempo cepat seperti Glow dan Ku Bahagia. Selain mencipta lagu untuk album penyanyi solo, Melly dan suaminya Anto Hoed juga menciptakan lagu untuk original soundtrack. Film seperti Ada Apa Dengan Cinta, Ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih adalah contoh sukses soundtrack yang dibuatnya.

3. Dhani Ahmad

Pentolan Dewa 19 dan The Rock Indonesia ini memang tidak main-main pada jalur musiknya. Bersama Dewa 19 di era 90-an, hingga kini Dhani masih tetap eksis. Selain bergiat mencipta lagu dan menyanyikan lagunya, Dhani juga memotori lahirnya penyanyi-penyanyi baru seperti Mahadewi dan The Virgin.

Di tangan dinginnya Reza Artamevia menjadi salah satu penyanyi yang langsung populer di album perdananya. Selain Reza, Titi DJ dan Agnes Monica pernah menggunakan lagu Dhani dan tentu saja menjadi hits.

4. Dewiq

Musik Dewiq yang sederhana dan apa adanya membuat lagu-lagu Dewiq begitu dalam mengena ke sanubari pendengarnya. Penyanyi-penyanyi baru yang mencoba peruntungan di dunia musik tak segan-segan menggunakan lagu Dewiq di hits pertamanya. Penyanyi seperti T2, Ussy, Syahrini, Lobow mulai di kenal publik karena lagu-lagu Dewiq.

Tak hanya penyanyi baru, penyanyi lama seperti Dewi Sandra dan Agnes Monica kerapkali menggunakan lagunya. Bahkan band Kotak pun berkerjasama dengan Dewiq dalam menciptakan hitsnya seperti Masih Cinta dan Pelan-pelan Saja.

5. Anang Hermansyah

Musikalitas Anang yang naik turun dalam menciptakan lagu mulai konsisten kala ia bercerai dengan KD isterinya. Lagu seperti Separuh Jiwaku Pergi, Hujan pun Menangis hingga Jangan Memilih Aku yang berduet dengan Syahrini bercokol di tangga lagu di radio maupun di tv.

Di pertengahan tahun 90an, Anang juga mampu menyihir para penikmat musik Indonesia dengan karya-karyanya yang kebanyakan duet dengan Krisdayanti. Lagu seperti Cinta, Makin Aku Cinta, dan Jangan Tak Setia diciptakan Anang sebagai interpretasinya dalam hubungannya dengan Krisdayanti. Penyanyi seperti Krisdayanti juga kerap kali menggunakan lagu Anang, tak hanya KD, Dea Mirella juga pernah menggunakan lagunya. Kini pasca perceraiannya dengan KD, Anang makin produktif dan kembali kreatif dalam menciptakan lagu-lagunya. Untuk kembali menjadi hits!

Demikianlah 5 pencipta lagu masa kini yang masih eksis di jalurnya. Kita tunggu saja apakah akan ada pencipa-pencipa lagu yang akan lebih baik lagi musikalitasnya dari mereka!

Sumber : http://hiburan.kompasiana.com/gosip/2010/03/22/top-5-5-pencipta-lagu-masa-kini-terproduktif-dan-kreatif/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: