Mengabarkan kepada Anda angka-angka yang menjadi berita dan fenomena.

Top 5 of Bali

Inilah top five dari Pulau Bali, meliputi restoran, clubs and bars, spa dan tempat – tempat wisata. Tentu saja menurut versi penulis, berdasarkan pengalaman pribadi maupun alasan “worth it” . Karena selera adalah subyektif, jadi tidak ada kritikan untuk ini. Diurutkan berdasarkan tingkatan paling bagus. Selamat menikmati……..

A, Restoran/ Tempat makan :

1. Warung Made

Ini merupakan restoran klasik Bali. Menyediakan Indonesia dan Internasional menu. Restoran berbentuk warung terbuka dengan kayu sebagai bahan bangunannya, dengan suasana akrab dan cozy. Harga yang dipatok pun tidak mahal untuk ukuran tempat makan di area wisata, berkisar antara Rp. 30 – 150 ribu untuk main coursenya.  Selalu ramai ! dan harap sabar untuk mendapatkan tempat duduk, sebaiknya booking terlebih dahulu. Jl. Pantai Kuta (0361) 751923 dan Jl. Raya Seminyak, Seminyak (0361) 732150.

2. Ayam Betutu khas Gilimanuk

Menyediakan masakan ayam betutu dan varians-nya seperti ayam goreng dan bebek betutu. Untuk satu penyajian sudah termasuk nasi, ayam/bebek betutu, plecing kankung, kacang goreng dan sambal matah. Apabila ingin tambahan sate lilit atau lawar, harus order lagi. Harga berkisar Rp.50 – 150 ribu. Bagi mereka yang tidak menyukai masakan pedas,  tidak cocok dengan masakan di sini, semua masakannya berbumbu tajam dan pedas, bahkan termasuk ayam dan bebek yang digoreng. Kalau datang kesana, pesanlah ayam betutu khas gilimanuknya, yang berkuah. Rasanya..hmmm mantaps. 100 persen halal. Lokasi di Jl. Merdeka – Renon.

3. Ikan Bakar Jimbaran

Di sana berderet warung-warung di pinggir pantai yang menyajikan seafood bakar/grill. Paling sip ! Kalau datang malam hari, akan terlihat romantisnya Bali karena tanjung Benoa dan Lanud. Ngurah Rai terlihat menawan dengan taburan lampu-lampunya. Buka dari siang hingga tengah malam. Satu lagi ! Jangan terlalu pelit memberi kepada pengamen yang menyanyi di sana, karena atraksi permainan alat musiknya keren dan suaranya juga merdu. Rata-rata makanan Rp.50 – 500 ribu.

4. Bebek Bengil

Nasi campur dengan bebek presto yang gurih dan renyah sampai ke tulang-tulangnya. Para pengunjung dapat menikmati view sawah yang berada di area restoran. Harga lumayan mahal Rp. 300 – 500 ribu rupiah. Jl. Padangtegal – Ubud.

5. Rosso Vivo.

Sepertinya, restoran yang menyajikan masakan Italia dengan tawaran khusus Sunset Grill dan coktail ini juga menjual view sunsetnya. Karena lokasi Rosso Vivo persis berseberangan dengan pantai Kuta. Memiliki area terbuka, dengan kursi – kursi bambu lebar berbantal merah nan empuk, sangan nyaman menghabiskan petang hari di sini. Maka, paling ramai dikunjungi saat hari menjelang sunset antara pukul 18.00 – 21.00 WITA. Jl.Pantai Kuta – Kuta. (0361) 751961.

B. Clubs & Bars

1. The Bounty

Penampilan bar ini “sangat biasa” saja, beratap rumbia, dengan tempelan poster “ngejereng” di pintu masuk dan halamannya. Tapi house musik yang “tarantung-tung-tung” sampai kedengaran di jalan raya yang mungkin dapat menjelaskan kenapa bar ini penuh sesak dengan pengunjung yang mayoritas bule. Menyajikan musik R&B dan hip hop di lantai atas, dan house music di lantai bawah. Pertunjukan diselenggarakan tiap Jum’at dan Sabtu pukul 23.00 – 24.00 WITA. Jam buka 18.00 – 02.00 WITA. Jl. Legian Kuta. (0361) 754040.

2. Paddy’s Club

Tempat clubing ini pernah di bom pada tahun 1998. Sempat vakum beberapa tahun untuk kemudian “tidak kapok” mendirikan bar lagi yang bernama sama dan hanya berjarak beberapa meter dari tempatnya yang lama. Sama dengan The Bounty, berornamen bambu dan beratapkan rumbia. Malahan, kalau tidak diperhatikan, Paddy’s Club sering tidak terlihat, karena tertutup pepohonan lebat yang tumbuh d halamannya. Hanya di sinilah saya menemukan Starbucks coffe yang sepi pengunjung. Penyebabnya karena kalah pamor dengan Paddy’s club. Menampilkan Top 40 terkini. Buka dari pukul 18.00 – larut. Jl.Legian 166 Kuta (0361) 758 555.

3. Vi ai Pi

Dulu, club ini menampilkan tarian striptese tepat di halaman pintu masuknya, di pinggir jalan. Menyebabkan kemacetan total sepanjang Jl. Legian, apalagi VI ai Pi berlokasi di sebelah monumen bom Bali. Namun sekarang atraksi tersebut sudah dilarang. Andalannya adalah, DJ, Tarian api, atraksi drummer, tentu saja penari memakai kostum yang minim. Buka dari pukul 22.00 WITA – larut malam. Jl. Legian 88, Kuta (dekat monumen Bom Bali) (0361) 750425.

4. Maccaroni

Bergaya resto lounge bar Italia. Menyajikan live music, tarian traditional dan tarian kontemporer. Maccaroni dan Vi ai pi satu group dan lokasinya berhadapan. Buka sepanjang hari . Jl.Legian 52, Kuta (0361) 751631

5. Espresso Bar

Sepertinya Bar ini memiliki sound system paling “yahud” se Kuta. Tidak heran kalau live musicnya terpopuler diantara Bar lainnya. Mulai pukul 23.00 – 02.30 Wita. Jl. Legian 88 Kuta (0361) 752576.

C. Spa

1. Green Grass Spa

Selain karena ketrampilan terapisnya yang handal, nilai lebih dari Green Grass adalah bahan baku treatmentnya yang diracik sendiri dan lolos uji dinas kesehatan. Dengan ornamen serba hijau dan suasana cozy, mampu untuk menyihir pengunjung dari hiruk pikuk jalan di depannya, coba saja Sei Tai yang hanya satu-satunya di Bali dan Balinesse Aromatherapy  yang menyegarkan badan. Harga treatment Rp. 30 – 300 ribu. Bertempat di Jl. Legian (depan BNI Legian) (0361) 751348.

2. Sunset Pilates Studio

Ingin menyegarkan badan dengan spa namun juga ingin berpilates ria. Sunset Pilates Studio mengakomodir keduanya. Berlokasi di Jl.Dewi Sri No.98 Legian (0361) 7914127.

3. Cozy

Cozy merupakan tempat relaksasi pertama di Bali. Begitu memasuki tempat ini, lansung disambut dengan suasana sunyi senyap dan temaram walaupun ternyata banyak orang sedang melakukan relaksasi. Sesuai dengan namanya, Cozy memang benar-benar mampu menciptakan suasana tersebut, Sayang, tempat parkirnya sangat kecil. Jl.Sunset Blok A/3 Kuta dan Jl.Raya Puputan 64 (0361) 261131.

4. Suku

Menitikberatkan pada spa kesehatan. Berlokasi di Jl. Raya Kerobokan Seminyak (0361) 731187.

5. Studio 5 salon & spa cure

Tempat ini lebih memfokuskan nail art & jeweled nails. Pokoknya kalau ingin mempercantik kuku-kuku anda, di sinilah tempatnya. Jl. Abimanyu Dyana Pura Seminyak.

D. Tempat Wisata

1. Tanah Lot

Di Tanah Lot terdapat dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan yang lainnya di atas batu besar. Pura Tanah Lot dibangun pada abad ke-16 oleh Danghyang Nirartha seorang Brahmana dari Jawa Timur yang memperkuat kepercayaan penduduk terhadap Agama Hindu. Alkisah, karena rasa iri hati , penguasa Tanah Lot waktu itu mengusir Sang Brahmana. Karena bijaksana Sang Brahmana menyanggupinya namun terlebih dahulu melakukan yoga semedi. Dengan kekuatannya itu, Beliau memindahkan batu besar ke tengah pantai dan membangun pura di sana sedangkan selendangnya ia rubah menjadi ular penjaga pura. Ular tersebut sampai sekarang masih ada. Tidak semua orang boleh memasuki Pura kecuali mereka yang mau bersembahyang atau melakukan kegiatan agama. Turis hanya dapat melihat dari bawah saja. Oiya datang lah kesana waktu matahari akan tenggelam, pasti akan menemukan alasan kenapa Tanah Lot dijadikan icon Bali.

2. Pantai Kuta

Inilah pantai yang ketenarannya mengalahkan negaranya. Daya Tariknya adalah kawasannya yang lebar dan landai yang sering dimanfaatkan untuk bermain sepakbola serta ombaknya yang besar, mantap untuk surfing. Tapi bagi kalian yang tidak bisa beraktivitas air, ada alternatif lain, melakukan tatto temporer , mewarnai kuku dan mengepang rambut. Tiket masuk FREE…

3. Kebun Raya Bedugul

Bagi keluarga terlebih yang memiliki anak kecil, inilah obyek wisata paling favorit di Bali. Terletak di wilayah Desa Candikuning kecamatan Baturiti. Nama resminya adalah Kebun Raya Ekakarya, memiliki 16 ribu tanaman koleksi yang terdiri dari 1.500 jenis, 320 marga dan 155 suku tumbuhan. Serta terdapat tumbuhan liar yang beratus tahun umurnya serta burung liar. Total luasnya adalah 154,5 hektar dengan ketinggian 1.250 – 1.400 di atas permukaan laut. Kebun Raya ini berdampingan dengan Danau Beratan. Terdapat lima jalur yang bisa ditempuh untuk menyusuri kebun raya . Jalur Kuning yang akan membawa pengunjung ke rimbunnya pohon cemara pandak yang menjadi inang bagi tumbuhan paku dan anggrek, terdapat bunga bangkai, tanaman pandan, pura Batu Meriggit.

Jalur Ungu akan membawa ke ribuan tanaman anggrek liar Indonesia yang berwarna warni dan tanaman kaktus. Jalur Biru akan memperkenalkan kita pada rumah traditional Bali juga tanaman traditional yang dipergunakan masyarakat Bal sehari-hari sebagai makanan, obat, bumbu masak, bahan bangunan, mainan hingga bahan upacara adat. Jalur Merah adalah jalur paku dimana terdapat bermacam jenis tanaman paku. Dan yang terakhir Jalur Burung, yang dibuat sedemikian rupa sehingga kita bisa melihat langsung burung dari habitat aslinya.

4. Pantai Tulamben

Bagi mereka yang tidak suka berjemur inilah pantai yang harus didatangi. Di Tulamben, pantainya tidak berpasir namun berbatu besar-besar. Pemandangan bawah laut adalah andalannya, di sini terdapat bangkai kapal Liberty yang menjadi rumpon para penghuni bawah laut. Bagi yang tidak bisa diving. ! Tenang….! tetap dapat menikmati pemandangan Gunung Agung yang menjulang tinggi.

5. Pulau Menjangan

Berlokasi di sebelah barat laut pulau Bali dan masih di dalam perairan laut Bali. Wilayah penyelamannya pun termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Bali Barat yang dilindungi pemerintah. Pulau Menjangan merupakan tepat penyelaman terbaik di Bali. Perairannya jernih dan tenang serta terdapat varians spesies ikan dan terumbu karang. Satu yang paling bagus adalah Gorgonion. Karena masih dalam daerah perlindungan, aktifitas menyelamnya juga harus hati-hati..

E. Toko yang harus di datangi

Sebagai bangsa Indonesia, bukan wisata namanya kalau tidak berbelanja. Ini dia tempatnya :

1. Body & Soul

Disinilah tempatnya membeli pakaian wanita yang up to date tapi tetap kaya motif etnik. Ada juga versi untuk anak-anak. Jl. Legian 162, Jl.Raya Seminyak 16 C, Kuta Square dan Bali Galeria.

2. Uluwatu Handmade Balinese lace

Pakaian pria dan wanita dengan desain Bali, berwarna putih, katun, rayon, sutera dengan bordiran Bali dan dibuat homemade. Harganya pun cukup mahal antara Rp. 300 ribu – 2 jutaan. Jl.Danau Tondano Sanur, Jl.Legian.

3.  Sentral Ubud

Tepat di pusat kota Ubud. Berbagai macam toko yang menjual souvenir, lukisan dan berbagai macam patung serta banyak lagi. Paling asyik kalo sambil jalan kaki atau naik sepeda. Lokasi . Sentral Ubud

4. Surfer Girls

Pakaian untuk para ABG-ABG. Kebanyakan T-Shirt, hot pants serta pakaian ABG unik lainnya. Terdapat di Jl. Legian 138 Kuta

5. Keramik Jenggala

Rupa-rupa keramik ada di sana. Dari yang minimalis sampai kontemporer. Selain itu, dapat belajar membuat atau mewarnai keramik. Lokasi Jl.Uluwatu II, Jimbaran.

Itu tadi direktori versi saya. Setiap orang tentu memiliki selera yang berbeda-beda. Mudah-mudahan dapat berguna saat berkunjung ke Bali. See U..

Daftar Pustaka

– Jalan – Jalan Bali, gagas media, 2009

 

Sumber : http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2010/01/30/top-5-of-bali/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: