Mengabarkan kepada Anda angka-angka yang menjadi berita dan fenomena.

Inilah mega proyek yang akan dibangun sebagai kebanggaan bangsa indonesia di masa depan.

Jembatan Selat Sunda

Jembatan selat sunda ini akan menghubungkan pulau jawa dan pulau sumatra. Jembatan ini masih dalam study kelayakan dan rencananya akan dibangun konstruksinya pada tahun 2012. jembatan ini merupakan jembatan terpanjang ke 2 di dunia setelah jembatan Qingdao Haiwan di China dnegan panjang 42,46 km . jembatan Selat Sunda  panjangnya mencapai 29 km. jembatan akan dirancang dengan ketinggian 7o meter diatas permukaan air laut. jembatan ini akan dilengkapi pula denga jalur kreta di samping jembatan. jembatan ini akan menghabiskan dana sebesar 150 trilyun.

Coastarina

Di Pulau Batam akan dibangun pulau-pulau buatan yang menyerupai peta dunia terbesar di dunia mengalahkan perumahan di Dubai. Perumahan di pantai ini dikembangkan menjadi pusat hunian dengan suasana tepi laut. Sebagian areanya diperoleh dari hasil reklamasi. Site plan-nya dirancang bak lagoon raksasa yang bagian tengahnya ditata menyerupai peta dunia dengan miniatur berbagai benua. Di Coastarina, akan dibangun total 1.000 rumah di kawasan total 150 hektar (25 hektar termasuk taman dan fasilitas umum). Di sana, juga ada Okarina Taman Rekreasi dengan food court, kafe dan restoran, Taman Air, dinding raksasa, dan permainan air.
Coastarina mega proyek ini akan selesai dalam 6 tahun dan total investasi diperkirakan menjadi 60 – 80 juta USD atau sekitar Rp. 570 M / Rp 760 M.

Center Point Of Indonesia

makassar akan memiliki kawasan super megah sebagai pusat bisnis, wisata dan pendidikan yang dinamakan center point of indonesia. Center point of indonesia dibangun di kawasan dengan luas total 600 hektar itu akan terdapat bangunan bangunan menjulang tinggi, pusat bisnis dan pemerintahan, kawasan hiburan, hotel hotel kelas dunia yang dilengkapi dengan lapangan golf . Di kawasan ini juga akan dibangun istana kepresidenan. Istana ini nantinya berada di atas laut. Di kawasan cpi juga akan dibangun masjid termegah di asia, sekelas taj mahal di india. Ada juga the makassar notradamus, yaitu taman 1000 patung pahlawan indonesia. Masih di lokasi yang sama, makassar juga akan membangun public space atau area publik terluas di dunia. Di lapangan nan luas ini, akan terdapat banyak kawasan hijau, tempat bermain, taman bunga, tempat beristrahat, dan tentunya pantai buatan. Di sekitar kawasan ini juga akan terdapat waterfront dan marinas.
Center point of indonesia akan dilengkapi dengan dua jalan layang selebar masing masing 40 meter, waterway, monorail dan busway. Monorail di cpi akan menghubungkan kawasan megah ini ke pusat kota makassar, hingga ke bandara international sultan hasanuddin. Jika proyek ini benar benar terwujud maka makassar akan melampaui jakarta dalam hal mewujudkan angkutan mass rapit transport idaman itu.
Center point of indonesia juga akan dilengkapi dengan sebuah menara yang menyerupai oriental pearl tower di shanghai. Selain itu, center point of indonesia akan memanjakan pengunjung karena sudah terintegrasi dengan trans studio indoor theme park, karena akan dilewati oleh jalur monorail. Nantinya beberapa pantai dan pulau-pulau buatan di cpi juga akan dihubungkan dengan kereta gantung (gondola) terpanjang di asia.

Jam Matahari Pontianak ( Sundial )

indonesia akan memiliki sundial atau jam matahari tertinggi di dunia jika sundial pontianak jadi dibangun. Dari semua kota yang dilewati garis khatulistiwa, hanya ada satu kota di dunia ini yang dibelah atau dilintasi secara persis oleh garis khatulistiwa, yaitu kota pontianak. Pembangunan sundial di lokasi sekitar tugu khatulistiwa pontianak diperkirakan menghabiskan biaya sebesar rp76,6 miliar dengan lahan seluas 44,1 meter. Rencananya tugu tersebut akan dibangun dengan tinggi 71 meter, sehingga akan menjadikan tugu khatulistiwa sebagai sundial tertinggi di dunia. Pada lahan di sekitar sundial tugu akan dibangun sundial berukuran kecil sebanyak 17 buah. Angka 17 dan 71 diambil dari angka kelahiran kota pontianak. Untuk memperkuat ikon pontianak sebagai kota khatulistiwa juga akan dibangun twin solar telescope, museum galeri, science centre, kawasan komersial, amphiteater, dan convention di kawasan tugu itu

Menara Jakarta

Add an ImageMenara Jakarta akan dibangun di area seluas 306.810 meter persegi. Gedungnya sendiri akan seluas 40.550 meter persegi dengan tinggi 558 meter.Jika menara itu selesai dikerjakan tahun 2010 atau 2011, dengan ketinggian 558 meter, ia akan menjadi bangunan menara (namun bukan gedung) tertinggi di dunia, mengalahkan ketinggian:
– Canadian National Tower (553 meter), Toronto, Kanada
– Menara Ostankino (540 meter), Moskwa, Rusia
– Oriental Pearl Tower (468 meter), Shanghai, China, dan
– Menara Kembar Petronas (452 meter), Kuala Lumpur, Malaysia

Biaya pembangunan megaproyek ini diperkirakan mencapai sekitar Rp 1,4 triliun pada awalnya dan membengkak menjadi hampir Rp 2,7 triliun setelah kenaikan harga baja dunia.

Perpustakaan Universitas Indonesia

Indonesia akan memiliki perpustakaan termodern, terbesar dan terindah di dunia yang akan berlokasi Universitas Indonesia (UI) Depok di areal seluas 2,5 hektar. Pembangunan perpustakaan ini merupakan salah satu upaya UI menuju World Class University dan masuk ranking 100 besar perguruan tinggi terbaik di dunia. Gedung perpustakaan ini akan memiliki luas bangunan 30.000 m2 serta terdiri atas delapan lantai. Gedung berlantai delapan ini dirancang tahan gempa dan ramah lingkungan. Kebutuhan energi menggunakan sumber terbarukan yakni energi matahari (solar energy) selain itu di dalam gedung tidak diperbolehkan menggunakan plastik.

Reaktor Nuklir Muria

Indonesia merencanakan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Muria, Jateng. Pembangunan PLTN Muria akan dimulai 2012 dan siap diresmikan 2016 dengan total anggaran Rp 30 triliun. Diharapkan pada 2015-2016 PLTN Muria ini sudah bisa beroperasi dengan kapasitas 1.000 Mwat Elektic.  PLTN Muria yang rencananya memiliki enam reaktor nuklir dengan masing-masing berdaya 600 MW atau totalnya 3600 MW.  Indonesia juga akan masuk ke dalam jajaran segelintir negara elite nuklir dunia tapi nuklir Indonesia akan digunakan hanya untuk tujuan damai.

Inilah Proyek yang membuat kita bangga sebagai bangsa dan negara Indonesia. Semoga pembangunan berjalan dengan lancar dan tepat waktu. Pembangunan ini diharapkan tidak ada unsur politik dan kepentingan individu yang membuat kerugian dari bangsa ini

 

Sumber : http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/01/25/7-proyek-yang-membuat-bangga-bangsa-indonesia/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: